3 Sumber Penghasilan Blogger Dunia

3 Sumber Penghasilan Blogger Dunia

3 sumber penghasilan bloger dunia-Dari manakah sumber penghasilan seorang blogger ? Sebuah pertanyaan yang masih sering terlontar terutama dari mereka yang sama sekali belum pernah mencoba memonetisasi internet melalui blogging.

Dan bahkan bagi seseorang yang sudah terbiasa bloggingpun kadang masih banyak yang memilih model monetisasi yang kurang tepat dalam blognya sehingga blognya tersebut tidak bisa memberikan penghasilan yang setimpal.

Tapi entahlah, entah kurang tepat atau memang kultur pengguna internet di Indonesia yang nyata-nyata berbeda dengan kultur pengguna internet di Amerika atau Eropa sana.

Saya tidak akan membahas masalah itu lebih lanjut.

Sekarang saya akan menunjukan kepada Anda 5 orang blogger yang memperoleh penghasilan per bulan yang sangat besar dari internet yang saya ketahui.

Sumber : http://www.authorityhacker.com/make-money-blogging/

Silahkan lihat, penghasilan mereka per bulan banyak yang mencapai hingga ratusan ribu dolar atau milyaran rupiah per bulan.

Rincian penghasilan rata-ratanya adalah sebagai berikut :

1. John Lee Dumas (http://www.entrepreneuronfire.com/)

Afiliasi : US$ $20,591/bln

Iklan : US$ 75,442/bln

Produk/jasa sendiri : US$136,588/bln

2. Jon Dykstra (http://fatstacksblog.com/

Afiliasi : US$ 8.482/bln

Iklan : US$ 168.137/bln

Produk/jasa sendiri : 0

3. Pat Flynn (http://smartpassiveincome.com/)

Afiliasi : US$ 117,435/bln

Iklan : US$ 22,020/bln

Produk/jasa sendiri : US$10,778/bln

4. Eric James (http://ericjamesconsulting.com/)

Afiliasi : US$ 54,206/bln

Iklan : US$ 7,137/bln

Produk/jasa sendiri : US$39,958/bln

5. Lindsay Ostrom (http://pinchofyum.com/)

Afiliasi : US$ 10,070/bln

Iklan : US$ 16,460/bln

Produk/jasa sendiri : US$5,776/bln

Ini berarti bahwa menghasilkan uang yang sangat besar dari internet memang sangat memungkinkan dan bukan hanya sekedar omong kosong.

Dan jika mereka bisa melakukannya, tentu kitapun harus bisa, bukan ?

Lalu, dari jenis bisnis internet apa sajakah penghasilan besar kelima orang tersebut berasal ? Ternyata mereka hanya fokus pada 3 sumber, yakni afiliasi, iklan, dan menjual produk/layanan sendiri.

Dan jika di-breakdown dalam persentase, komposisi masing-masing sumber penghasilan mereka adalah seperti pada diagram berikut :

Sumber : http://www.authorityhacker.com/make-money-blogging/

Saya tunjukan sumber penghasilan mereka dengan salah satu tujuan supaya kita bisa sama-sama tahu model bisnis seperti apakah yang bisa dijadikan pilihan paling tepat dan cocok dengan blog yang kita buat.

Dengan mengetahuinya, maka andapun bisa fokus pula untuk memonetisasi blog Anda dari sumber-sumber tersebut dan tidak tergoda lagi oleh model monetisasi lainnya yang memang sangat banyak ragamnya dan kadang sangat menggoda.

Berikutnya saya tunjukan pula seberapa besar margin keuntungan dari tiap-tiap jenis sumber penghasil uang kelima blogger tersebut, sebagaimana tabel di bawah ini.

Sumber : http://www.authorityhacker.com/make-money-blogging/

Ternyata menjual layanan/jasa sendiri menempati posisi pertama, dengan keuntungan yang mencapai hampir 7 kali lipat, dan diikuti oleh afiliasi di posisi kedua dengan tingkat margin keuntungan mencapai lebih dari 3 kali lipat.

Data-data panghasilan para blogger di atas bukan saja memberikan jawaban tentang darimana sumber penghasilan seorang blogger, namun lebih dari itu bisa pula menjadi acuan para blogger dalam memilih model monetiasai blog yang tepat sehingga tidak salah pilih.

Seorang blogger yang memiliki produk sendiri yag bisa dijual, entah produk fisik, produk non fisik, ataupun berupa layanan jasa maka itu bisa menjadi salah satu sumber potensial untuk monetisasi blognya.

Jika tidak memiliki produk sendiri, seorang blogger bisa memanfaatkan model afiliasi yang banyak ditawarkan. Entah afiliasi produk toko online, afiliasi produk digital, afiliasi bisnis travelling dan lain-lain.

Model afiliasi ini tidak terbatas, bisa termasuk pula model afiliasi tidak langsung seperti menjadi freelance asuransi, freelance properti, freelance kendaraan, dan lain-lain.

Jika tidak mau melakukan keduanya, dan blognya memang memilki trafik yang tinggi, maka bukan tidak mungkin untuk menjual space iklan pada area blognya.

Maksud menjual space iklan disini bukanlah menyediakan space iklan untuk iklan CPC (cost per click) seperti adsense dan sejenisnya, melainkan disewakan kepada pemilik produk entah individu maupun korporasi.

Untuk CPC seperti Adsense sendiri ternyata sama sekali tidak menjadi pilihan mereka.

Ini memang bisa dimengerti, karena selain riskan dengan click fraud yang bisa menghancurkan, pendapatan dari sistem inipun kurang bisa diandalkan, apalagi dalam mata uang rupiah.

Nah, kira-kira model monetisasai seperti apakah yang akan Anda pilih untuk blog Anda ?

Terlepas dari sistem monetisasi blog apapun yang akan Anda pilih, saya doakan semoga Anda sukses meraih pendapatan maksimal yang Anda harapkan dari blog Anda tersebut. Aamiin.

About admin

Check Also

Pengetahuan Dasar Apa Itu WordPress dan 11 Fiturnya

Pengetahuan Dasar Apa Itu WordPress dan 11 Fiturnya

Pengetahuan Dasar Apa Itu WordPress dan 11 Fiturnya – Apa itu WordPress? WordPress merupakan salah satu …

Cara Daftar akun WordPress Gratis langkah demi langkah

Cara Daftar akun WordPress Gratis langkah demi langkah

Cara Daftar akun WordPress Gratis – Setelah mengetahui dan lebih mengenal apa itu wordpress dan …

Tutorial Cara upload file dari cpanel menggunakan file manager

Tutorial Cara upload file dari cpanel menggunakan file manager Anda dapat langsung mengupload file dari …