Asuransi Konvensional: Pengertian, Prinsip Serta Kelebihannya
Asuransi Konvensional: Pengertian, Prinsip Serta Kelebihannya

Asuransi Konvensional: Pengertian, Prinsip Serta Kelebihannya

Sebagian masyarakat kini mulai menyadari akan pentingnya memiliki asuransi. Sebab, asuransi sudah menjadi bagian yang esensial dari sebuah investasi, dana darurat hingga jaminan untuk kesehatan. Dengan berasuransi, kita berharap risiko-risiko tak terduga yang kemungkinan akan muncul di kemudian hari bisa terselesaikan secara cepat dan tepat.

Di Indonesia, terdapat dua jenis asuransi yang menjadi favorit masyarakat, yakni asuransi konvensional dan asuransi syariah. Di mana keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pengertian dari konvensional sendiri ialah produk asuransi yang lebih mengedepankan prinsip jual beli risiko (transfer risk). Maksudnya, premi yang dibayarkan pihak tertanggung bertujuan untuk mengalihkan risiko ekonomis ke perusahaan asuransi.

Dengan kata lain, tertanggung membeli atau bergabung sebagai peserta asuransi yang akan ditanggung risiko ekonomis sepenuhnya oleh perusahaan asuransi. Ingin tahu lebih banyak mengenai prinsip dan keuntungan asuransi konvensional? Simak baik-baik, ya!

Asuransi Konvensional: Pengertian, Prinsip Serta Kelebihannya

  • Prinsip dari Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional mempunyai prinsip yang di mana pihak tertanggung harus menyetor sejumlah kontribusi atau premi ke perusahaan sebagai bentuk ganti risiko. Apabila tertanggung mengalami risiko di kemudian hari, maka uang pertanggungan (UP) atau manfaat dari asuransi akan diterima oleh pemegang polis.

Kita sebagai pihak tertanggung harus membayar premi hingga perjanjian polis berakhir. Ketika tertanggung tidak mengajukan klaim sampai masa polis berakhir, perusahaan asuransi menjadi pihak yang diuntungkan di sini. Situasi ini disebut sebagai surplus underwriting.

Sedangkan jika tertanggung mengajukan klaim dalam jumlah besar serta kurun waktu yang dekat, maka perusahaan bisa dibilang mengalami kerugian. Hal ini karena perusahaan harus mengambil lebih banyak dana dari peserta lain untuk menutupi klaim tersebut.

Kondisi semacam ini disebut dengan defisit underwriting. Pengelolaan dana dalam asuransi konvensional juga tidak bisa terlepas dari bunga. Ini karena, dana yang dikumpulkan dikelola ke deposito dan obligasi yang mana keduanya berbunga.

Kelebihan Asuransi Konvensional

Adapun kelebihan atau keuntungan dari asuransi konvensional ialah sebagai berikut:

  • Pilihan Pengelolaan Dana Lebih Banyak

Asuransi konvensional mempunyai pilihan pengelolaan dana yang lebih banyak dibanding jenis asuransi lainnya.

Sebab, premi yang disetorkan oleh pihak tertanggung akan dialihkan ke biaya dan investasi atau hal lain untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Tentunya, pengelolaan dana ini sudah memperoleh persetujuan dari peserta asuransi.

  • Memberikan Keuntungan yang Besar

Kelebihan berikutnya dari asuransi dengan prinsip konvensional ialah mampu memberikan keuntungan yang besar. Hal ini karena instrumen investasi yang digunakan dalam pengelolaan dana memiliki premi yang jauh lebih beragam.

Sehingga, keuntungan yang dihasilkan jadi lebih besar. Instrumen investasi yang biasanya memberikan imbal hasil besar ialah sektor utang seperti obligasi.

  • Lebih Mengedepankan Praktik Jual Beli

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, premi yang dibayarkan peserta asuransi konvensional akan dipakai untuk membeli risiko kepada perusahaan asuransi.

Jadi, perusahaan secara sepenuhnya akan menanggung risiko, baik atas nama pribadi, keluarga, jiwa, kesehatan hingga harta benda yang telah diasuransikan.

  • Memberikan Bonus Tambahan (No-Claim Bonus)

Dalam asuransi konvensional, terdapat istilah no-claim bonus. Istilah ini bisa diartikan sebagai pemberian kompensasi kepada tertanggung yang tidak mengajukan klaim hingga sampai jangka waktu tertentu.

Pemberian kompensasi tersebut merupakan bentuk penghargaan atas kewaspadaan dan kehati-hatian tertanggung dalam menjaga aset yang diasuransikan.

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian, prinsip dan kelebihan dari asuransi konvensional. Jenis-jenis asuransi konvensional yang bisa kita pilih di antaranya asuransi kesehatan, asuransi jiwa tradisional dan asuransi kendaraan.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman lifepal.co.id. Semoga bermanfaat, ya!

About admin