Harga Emas Batangan. Pembeli menunjukan emas batangan di Jakarta, Senin (12/10/2020). Berdasarkan informasi Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga emas ukuran 1 gram kemarin berada di level Rp1.017.000, turun Rp2.000 dibanding harga sebelumnya. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Cara Menabung Emas Antam yang Mudah bagi Pemula

Cara Menabung Emas Antam – Logam mulia atau emas merupakan investasi yang tergolong mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Bagi mereka yang memiliki tujuan investasi berjangka menengah hingga panjang, seperti menyekolahkan anak di sekolah favorit atau membeli rumah idaman, maka berinvestasi dengan emas adalah kuncinya.

Mengapa demikian? Pasalnya, emas menawarkan keunggulan imbal hasil yang lumayan menjanjikan setidaknya selama lima tahun. Selain itu, adanya kemudahan dalam pencairan dan kecenderungan harga naik tiap tahunnya. Bahkan jika itu turun, itu tidak terlalu jauh perbandingannya.

Umumnya, emas yang ada saat ini di pasaran berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Setelah dicek, perbedaan harga antara keduanya tidak terlalu besar (emas UBS sedikit lebih rendah), dan nilainya sama, keduanya 99,99%. Namun, emas Antam lebih unggul karena sudah bersertifikat internasional dan diakui secara resmi oleh London Bullion Market Association. Adapun emas UBS baru bersertifikat Nasional oleh PT UBS.

Meski ada perbedaan sertifikat pengakuan, ternyata harga pembelian kembali emas Antam dan UBS tidak jauh berbeda.

Bagi Anda yang ingin investasi dengan mulai menabung emas Antam, Anda bisa manfaatkan jual beli emas antam Jogja.

Cara Menabung Emas Antam yang Tepat

Sebelum nabung emas, ada baiknya jika Anda perhatikan beberapa tips mudah ini :

  • Punya Tujuan Jelas dalam Berinvestasi Emas

Sebelum berinvestasi emas, Anda harus menentukan mengapa Anda melakukannya. Contoh tujuan investasi yang tepat adalah investor berinvestasi untuk menabung persiapan pernikahan, pendidikan atau pensiun.

Investasi emas berisiko bagi pemula. Jika Anda berencana untuk berhenti bekerja dalam dekade berikutnya dan memulai bisnis Anda sendiri, maka Anda harus tahu berapa banyak emas yang harus diinvestasikan setiap bulannya.

Ketika Anda berinvestasi emas, Anda harus fokus pada tujuan jangka panjang yang ingin Anda capai. Hal ini karena jual beli dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang cepat berbeda dengan berinvestasi. Untuk berinvestasi emas, Anda bisa menerapkan ide-ide yang bisa membuat Anda fokus pada masa depan.

  • Tentukan Ukuran Emas yang Dibeli

Beli emas batangan mulai dari gram kecil hingga besar, hingga 1 kg. Anda dapat dengan bebas memilih untuk membeli dalam jumlah kecil atau besar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda berinvestasi pada emas batangan hanya sebagai deposit dan tidak memiliki tujuan jangka panjang, sebaiknya Anda membeli emas batangan berukuran gram kecil.

Batang gram kecil lebih mudah meleleh daripada batang gram besar, sehingga dapat langsung dijual saat dibutuhkan. Selain itu, tujuan investasi emas adalah jangka panjang, dan sebaiknya pilih emas gram dengan nilai lebih besar, di atas 25 gram.

Pasalnya, membeli emas dalam jumlah besar jauh lebih murah daripada membeli emas batangan dengan nilai gram yang lebih kecil.

  • Simpan emas Anda di tempat yang aman

Anda dapat menyimpan emas batangan di mana saja. Jika Anda merasa memiliki sistem keamanan yang cukup canggih di rumah Anda, tidak apa-apa untuk meninggalkan emas batangan Anda di rumah. Namun, jika Anda ragu dan khawatir emas Anda akan hilang, maka Anda bisa mempercayakan emas batangan Anda kepada Antam.

Antam menawarkan brankas atau penyimpanan emas batangan dengan biaya tahunan. Setelah Anda melakukan jual beli emas di Jogja, tak salahnya menyimpan emas di Antam. Oh ya, di sana juga menerima antam di atas harga buyback.

Demikianlah cara singkat dalam menabung emas yang aman sebagai investasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Menabung Emas Antam

About admin