Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Singkat– Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana kah suatu peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam ataupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses. Jika anda masih bingung, berikut ini contoh teks eksplanasi beserta strukturnya:

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Singkat Tentang Gerhana Bulan

Judul: Gerhana Bulan

1. Pernyataan Umum

Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang seringkali kita jumpai. Peristiwa alam ini terjadi jika bulan beroposisi dengan matahari. Namun, oposisi bulan dengan matahari tak akan selamanya menghasilkan peristiwa gerhana bulan. Mengapa? Kaena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sama besar. Akan ada saat dimana terjadinya perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika yang menyebabkan munculnya dua titik yang dikenal juga dengan istilah node. Gerhana bulan terjadi jika bulan beroposisi dengan titik nude tersebut.

2. Deretan Penjelas

Faktanya, ketika gerhana bulan terjadi, sebenarnya penampakan bulan masih dapat terlihat. Hal ini karena sinar matahari yang masih tersisa, berbelok menuju ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar matahari yang dibelokkan tersebut tentunya memiliki spektrum cahaya kemerahan, yang menjadi alasan mengapa saat peristiwa gerhana bulan, tampilan pada bulan akan terlihat lebih gelap, biasanya memiliki warna merah gelap, jingga atau coklat. Untuk mengamati gerhana bulan, bisa Anda lakukan dengan mata telanjang tanpa bahaya sedikit pun. Pada saat terjadinya gerhana bulan, umat Islam yang melihat peristiwa gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana atau salat khusuf.

3. Penutup (Interpretasi)

Ketika bayangan-bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Khusunya ketika bumi menempati posisi di antara bulan dan matahari, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang membuat sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh posisi bumi saat itu.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya Tentang Kepedulian Sosial (Sampah)

Pernyataan Umum :

Sampah adalah barang ataupun benda yang sudah tidak digunakan lagi, yang keberadaannya mengganggu kesehatan masyarakat disekitar. Sampah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sampah organik dan juga sampah anorganik. Sampah organik merupakan jenis sampah yang mudah terurai. Sampah ini bsia diolah sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tak mudah terurai seperti botol, kaleng, plastik, dan sebagainya. Salah satu cara untuk meminimalisir sampah anorganik yaitu didaur ulang menjadi benda yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Sampah adalah salah satu fenomena yang sering kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah pada mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memberikan dampak yang besar. Seperti banjir, sarang penyakit dan tanah longsor.

Sampah yang dibiarkan menumpuk mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang akan mendatangkan penyakit seperti DBD dan muntaber.

Selain itu sampah bisa juga mendatangkan bencana. Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus dapat membuat air sungai menjadi sulit mengalir dan lama-kelamaan air sungai akan meluap.

Interpretasi :

Banyak sekali dampak yang bisa dirasakan jika kita selalu membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kita yang menginginkan kesejahteraan, marilah bersama-sama untuk menjaga lingkungan.

Dimulai dari hal yang terkecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik bisa diolah menjadi kompos atau pupuk untuk tanaman dan sampah anorganik diolah kembali untuk menjadi barang yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Gempa Bumi Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum :

Gempa bumi adalah goncangan atau getaran yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang asalnya dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini seringkali terjadi di daerah yang berada di dekat gunung yang masih aktif atau gunung berapi dan di daerah yang dikelilingi lautan yang luas.

Penjelasan Sebab Akibat :

Gempa bumi terjadi karena adanya pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi sangat cepat dengan dampak yang besar bagi lingkungan sekitarnya.

Getaran gempa bumi yang besar dan merambat ke segala arah sehingga bisa meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Gempa tektonik terjadi akibat lapisan kerak bumi menjadi lunak sehingga mengalami pergerakan atau pergeseran. Teori “Tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan buatan.

Mayoritas daerah lapisan kerak ini hanyut dan mengapung dilapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain.

Itulah yang dapat menyebabkan mengapa gempa bumi bisa terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.

Interpretasi :

Gempa bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa biasanya terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pacifik. Tempat ini dikenal akan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.

Contoh teks eksplanasi singkat tentang fenomena alam pelangi

Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang muncul akibat terjadinya pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi termasuk juga gejala optic dan meteorology yang aman, cahaya yang memiliki warna sejajar berdampingan, beragam, terlihat melengkung di langit atau medium lainnya. Sesaat setelah hujan ringan, pelangi akan muncul membentum busur dan ujungnya terarah pada horizon. Anda juga bisa mendapati pelangi di sekitar air terjun.

Fenomena alam pelangi diikuti dengan efek cahaya lainnya dapat tampak pada langit karena cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari mulai redup dan terbenam, maka langit akan memancarkan aura kemerahan karena sinar matahari melewati atmosfer yang jauh lebih tebal jika dibandingkan dengan siang hari. Pada malam hari, atau ketika langit mendung, pelangi tidak akan tampak. Ini terjadi karena pelangi dihasilkan oleh pembiasan cahaya. Awalnya, cahaya matahari melewati tetes hujan, kemudian setelah itu, dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga cahaya putih dan juga spektrum akan terpisah. Dan terbentuklah jejeran warna yang kita sebut dengan pelangi.

Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

Alasan Kita Harus Ikhlas dalam Melakukan sesuatu

Alasan Kita Harus Ikhlas dalam Melakukan sesuatu

Alasan Kita Harus Ikhlas dalam Melakukan sesuatu – Sebuah kata yang mudah diucapkan tetapi sulit …

Cara PDKT Dengan Gebetan Meskipun Tidak Bertemu

Cara PDKT Dengan Gebetan Meskipun Tidak Bertemu

Cara PDKT Dengan Gebetan – Dengan berkembangnya teknologi dan internet, seseorang dapat dengan mudah berkomunikasi …

Beragam Cara Agar Anda Terlihat Profesional Saat Menghadiri Rapat

Beragam Cara Agar Anda Terlihat Profesional Saat Menghadiri Rapat

Beragam Cara Agar Anda Terlihat Profesional – Tampil perfect sangatlah menunjang sebuah pekerjaan, terutama di …