Ide Bisnis Sampingan Menawarkan Asuransi Pendidikan Anak Melalui Blog

Ide Bisnis Sampingan : Menawarkan Asuransi Pendidikan Anak Melalui Blog

Sepertinya masih sedikit sekali para pemilik blog yang mencoba menghasilkan uang dengan menawarakan produk asuransi, teutama asuransi pendidikan bagi anak.

Kalaupun ada, blog tersebut memang dibuat sebagai blog dengan niche khusus untuk asuransi dan dilakukan oleh para agen asuransi.

Padahal jika dilihat dari trend-nya, kata kunci untuk asuransi pendidikan anak mengalami kenaikan yang cukup besar.

Sementara di sisi lain, potensi fiansial berupa komisi dari penjualan produk asuransi sepertinya cukup lumayan juga.

Jadi, kalau Anda memiliki blog dengan niche yang sesuai rasanya tidak salah jika peluang ini Anda coba manfaatkan.

Selain ada keuntungan financial yang bisa Anda peroleh, Andapun sebenanrya memberikan sebuah penawaran produk yang cukup penting karena ini menyangkut masa depan anak-anak.

Berikut ini adalah bahasan mengenai beberapa hal terkait yang perlu Anda ketahui atau pertimbangkan jika Anda berniat mencobanya.

1. Niche

Karena yang akan ditawarkan adalah produk asuransi pendidikan anak, maka niche blog yang cocok adalah blog parenting, edukasi, general, keluarga, realtionship, personal dan sejenisnya.

Ini tentu saja tidak mutlak, Anda yang memiliki jenis blog apapun boleh saja melakukannnya, akan tetapi ya silahkan Anda lihat sendiri kesesuaiannya. Kalau tidak sesuai kan malah rancu, bukan ?

2. Memilih perusahaan asuransi

Ini merupakan faktor paling penting untuk diketahui. Karena Anda akan memasarkan kepada mayoritas Muslim, maka sebaiknya pilihlah asuransi pendidikan anak yang syariah.

Sepengetahuan saya dari beberapa artikel yang saya baca, maupun penjelasan langsung, bahwa menurut hukum Islam, asuransi konvensional itu adalah haram.

Yang menyebabkan haramnya adalah sistem transaksinya yang menggunakan prinsip jual-beli. Sementara pada sistem syariah prinsip transaksinya adalah tolong-menenolong.

Prinsip transaksi ini sangat penting karena selain menentukan haram dan halalnya produk asuransi, juga terkait dengan masalah penarikan dana sebelum habis masa kontrak.

Maksudnya bukan tidak mungkin jika sewaktu-waktu karena saking kepepetnya misalkan, nasabah ingin menarik dana asuransi tersebut.

Jika prinsip transaksinya jual beli, maka sudah barang tentu wajar jika nasabah tidak akan bisa menarik kembali dananya hingga habis masa kontraknya.

Sementara jika prinsipnya tolong-menolong maka semestinya nasabah bisa mengambil kembali dananya kapanpun dia memerlukannya.

Oleh karenanya, supaya Anda tidak dituduh ikut mermpersulit, maka sebaiknya pilihlah perusahaan-perusahaan asuransi yang benar-benar syariah, yang menggunakan prinsip tolong menolong dalam transaksinya dan memungkinkan nasabah mengambil kembali uangnya walaupun masa kontraknya belum berakhir.

Apakah ada perusahaan asuransi seperti ini ? Ada, salah satunya PT Asuransi Takaful Keluarga. Saya tahu persis karena dulu pernah menjadi freelance-nya dan kebetulan ada 2 orang nasabah saya yang menarik kembali dananya sebelum habis masa pertanggungannya.

Bagaimana dengan perusahaan asuransi yang lain ? Saya pikir kalau sudah berlabel syariah mestinya seperti itu. Jika tidak berarti hanya untuk mengelabui umat Islam di Indonesia semata.

Jadi berhati-hatilah dalam memilih perusahaan asuransi ini.

Dan karena Anda menjadi freelance, tentu saja Anda bisa memilih tidak hanya satu perusahaan saja, melainkan bisa sekaligus memilih menjadi freelance beberapa perusahaan asuransi.

3. Bergabung menjadi freelance

Saya yakin tidak akan sulit untuk bergabung menjadi freelance. Anda tinggal menghubungi agen asuransi dari perusahaan-perusahaan yang ingin Anda tawarkan produknya, dan menyatakan niat Anda untuk menjadi freelance.

Selain menjadi freelance beberapa perusahaan asuransi, Andapun sebaiknya menjadi freelance dari beberapa agen sekaligus, baik dari perusahaan asuransi yang sama maupun dari perusahaan asuransi yang berbeda, tetapi dari kota-kota yang berbeda.

Tujuannya supaya Anda bisa menjangkau calon nasabah dari kota manapun karena Anda menawarkannya melalui internet.

Misalnya, untuk perusahaan asuransi A anda menjadi freelance dari agen X di kota Bandung, agen Y di Jakarta, Agen Z di Surabaya.

Semenatara untuk perusahaan asuransi B, Anda menjadi freelance dari agen M di kota Makasar, agen S di Semarang, Agen J di Jogjakarta, dan seterusnya.

Dengan cara itu, maka nasabah dari setiap kota bisa difollow up oleh agen yang ada di kota bersangkutan.

Apabila Anda hanya menjadi freelance pada satu orang agen, tentu akan sulit dalam menindaklanjuti nasabah yang tinggal jauh dari lokasi agen tersebut.

Untuk menemukan agen asuransi yang anda inginkan, anda tinggal mengetikan kata kunci agen asuransi, atau kata kunci relevan lainnya.

Setelah Anda menemukan agen yang bersdia menjadikan Anda sebagai freelance-nya, maka 3 hal yang harus Anda ketahui lebih lanjut adalah :

* Bukti resmi agen dan sarana kontak

Baiknya Anda menjadi freelance dari seorang agen resmi, jangan sampai anda menjadi freelance dari freelance lagi.

Seorang agen asuransi resmi biasanya akan memiliki nomor resmi sebagai agen, mintalah nomor tersebut sebagai bukti.

Juga sarana komunikasi termudah dengan mereka, entah email, no HP, BBM, WA, Line, dll.

* Produk asuransi yang akan ditawarkan

Pastikan Anda cukup memahami produk asuransi pendidikan Anak yang akan Anda tawarkan supaya apabila ada pertanyaan Anda bisa memberikan jawaban secepatnya tanpa harus selalu menghubungi agen Anda terlebih dahulu.

* Besaran komisi yang disepakati.

Sepakati berapa besar komisi yang akan Anda terima ketika ada nasabah yang berhasil Anda rekomendasikan kepada agen Anda.

4. Promosi

Setelah resmi menjadi freelance, Anda tinggal melakukan promosi melalui blog Anda. Bisa dengan memasang banner maupun menulis artikel. Sebaiknya lakukan dua-duanya.

Silahkan buatlah artikel promosi yang menarik dan informatif tentang asuransi tersebut bagi para pembaca blog Anda.

Kalau bisa judul & materi artikel Anda sesuaikan juga dengan kepentingan SEO on page blog Anda. Karena melalui artikel penawaran asuransi ini berarti akan ada tambahan variasi kata kunci baru yang baik bagi blog Anda.

5. Kontak dengan nasabah

Ketika Anda telah mendapatkan Nasabah, maka pastikan Anda untuk selalu menjaga kontak dengan mereka walaupun telah di follow up oleh agen Anda.

Ini penting. Selain untuk tetap menjalin silaturahmi, juga untuk memastikan Anda menerima komisi sesuai perjanjian.

Karena Anda bisa memastikan jadi tidaknya calon nasabah menjadi nasabah, adalah dari nasabah itu sendiri.

Demikian beberapa hal terkait mengenai ide bisnis sampingan dengan cara menawarkan asuransi pendidikan anak melalui blog.

Dan jika Anda memerlukan artikel-artikel terkait asuransi, silahkan Anda temukan penawarannya di “Artikel SEO”.

About admin

Check Also

Pengetahuan Dasar Apa Itu WordPress dan 11 Fiturnya

Pengetahuan Dasar Apa Itu WordPress dan 11 Fiturnya

Pengetahuan Dasar Apa Itu WordPress dan 11 Fiturnya – Apa itu WordPress? WordPress merupakan salah satu …

Cara Daftar akun WordPress Gratis langkah demi langkah

Cara Daftar akun WordPress Gratis langkah demi langkah

Cara Daftar akun WordPress Gratis – Setelah mengetahui dan lebih mengenal apa itu wordpress dan …

Tutorial Cara upload file dari cpanel menggunakan file manager

Tutorial Cara upload file dari cpanel menggunakan file manager Anda dapat langsung mengupload file dari …