Ide Bisnis UMKM Kuliner Kekinian
Ide Bisnis UMKM Kuliner Kekinian

6 Ide Bisnis UMKM Kuliner Kekinian

Bisnis UMKM semakin bergeliat dan mengalami kemajuan yang signifikan. Dari awal merintis ala rumahan bisa berkembang pesat menjadi gerai waralaba, bahkan ada pula yang diekspor ke luar negeri. Namun begitu, masih banyak yang ragu memulai bisnis UMKM karena terkendala modal, akibat sulitnya mendapat pinjaman UMKM online.

Bisnis UMKM juga diminati kalangan anak-anak muda. Kaum milenial hingga generasi Z menghasilkan ragam kreativitas dalam bisnis yang mereka rintis. Ada-ada saja ide baru yang segar dan cemerlang, khususnya di bidang kuliner. Aneka jenis makanan kekinian hingga bumbu masak pun menjadi ladang omzet jutaan, bahkan milyaran dari hasil ekspor.

Ide Bisnis UMKM Kuliner Kekinian

Persaingan semakin tinggi, pelaku bisnis UMKM berlomba menampilkan produk terbaik mereka dalam banyak varian juga kemasan yang menarik. Ide-ide baru bisnis kuliner terus bermunculan, tapi banyak juga bisnis kuliner yang diperbarukan.

Artinya bisnis ini sudah ada sejak lama, namun kini diubah konsepnya baik olahannya, penambahan bahan bakunya, hingga tampilan kemasan. Berikut ini ide bisnis UMKM kuliner yang dapat Anda coba.

1. Aneka keripik

Semua orang suka keripik. Makanan ringan dari olahan tepung, buah, atau sayur yang dikeringkan. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan varian rasa baru, misalnya saja keripik pisang rasa matcha atau keripik apel greentea, atau keripik sayur sehat yang diolah tanpa minyak dan penyedap. 

Perhatikan pula desain kemasan agar menarik minat pembeli. Omzet yang didapat dari bisnis aneka keripik pun tidak main-main, bisa sampai jutaan bahkan ratusan juta dari modal yang minim.

2. Aneka Bumbu Masak dan Sambal

Siapa sangka bumbu kering dan aneka sambal bisa menjadi komoditi ekspor bernilai milyaran rupiah? Aneka bumbu masakan khas Indonesia dan aneka sambal diminati diaspora yang tinggal di luar negeri. Tidak jarang pula, mereka menjadi pintu masuk ekspor UMKM kuliner dari Indonesia untuk dikenalkan di pasar mancanegara. 

Jika Anda tertarik untuk bisnis ekspor aneka bumbu dan sambal namun hanya berbekal dana minim, Anda bisa mengajukan pendanaan dan mendapatkan pinjaman UMKM online dengan mudah dan tanpa jaminan. Dengan begitu, bisnis Anda bisa berkembang maju dan berkesempatan mendapat omzet milyaran.

3. Rice Box

Bisnis kekinian yang digandrungi kalangan anak muda adalah rice box. Nasi dan lauk, biasanya ayam, ikan, atau daging sapi, di dalam kotak mika atau karton. Bisnis rice box bahkan bisa dijadikan makanan frozen dan masuk ke minimarket atau supermarket. 

Rice box frozen bisa dihangatkan di microwave ketika  dibeli. Banyak pembeli tertarik dengan rice box karena praktis, bisa dibawa untuk bekal dalam perjalanan atau untuk sekolah. Selain itu, harga rice box juga murah dalam porsi yang pas.

4. Food in Jar

Satu lagi bisnis UMKM kuliner yang bisa dijadikan komoditi ekspor. Food in jar alias masakan olahan yang dikemas dalam botol atau toples kaca. Anda bisa memulai bisnis ini dari rumah dengan membuat varian ayam suwir rica, dendeng balado, rendang, baby cumi cabai hijau, kering tempe, kering kentang teri, dan masih banyak lagi.

Menu food in jar diminati masyarakat untuk stok makanan anak-anak yang tinggal jauh dari orang tua, kos di kota lain atau di boarding school. Para diaspora juga menggemari food in jar khas Indonesia ini, untuk mengobati kerinduan pada kuliner tanah air. 

Peluang besar terbuka jika Anda ingin menjajal ekspor food in jar ke luar negeri dan berpotensi mendapat omzet milyaran rupiah. Tidak perlu khawatir tentang modal, Anda bisa mendapatkan pinjaman UMKM online dengan mudah dan tanpa jaminan.

5. Dessert Box

Satu lagi bisnis UMKM beromzet jutaan rupiah yang digemari anak muda adalah dessert box atau makanan manis pencuci mulut. Aneka cake manis atau puding disajikan dalam kotak mika atau kaca. 

Jenisnya macam-macam, seperti brownies, cheesecake, red velvet, oreo cake, atau puding buah dan salad. Anda bisa berkreasi dengan membuat varian baru yang belum pernah ada di pasaran. Modal awal merintis bisnis ini tentu saja keahlian membuat aneka hidangan pencuci mulut. Anda juga memerlukan freezer atau showcase untuk menyimpan dessert box agar tidak mudah basi. 

6. Aneka Minuman Botol

Kini Anda bisa membuat minuman kemasan sendiri tanpa harus bekerja sama dengan pabrik besar. Sudah banyak produsen bubuk minuman ala cafe yang dijual di pasaran. 

Anda hanya perlu menyeduh bubuk minuman tersebut dan mengemasnya dalam botol plastik yang juga tersedia dalam berbagai bentuk serta ukuran yang dijual di pasaran. Tambahkan stiker logo UMKM Anda agar terlihat lebih menarik dan membantu bisnis Anda dikenali masyarakat luas. 

Selain bubuk minuman, Anda juga bisa meracik sendiri minuman kesehatan atau herbal. Air lemon-jahe-sereh sangat diminati masyarakat. Begitu pula aneka jamu seperti beras kencur atau kunyit asam yang dikemas dalam botol kekinian. Pastikan Anda menyimpan minuman kemasan dalam showcase agar lebih tahan lama.

Bagaimana, sudahkah menentukan bisnis UMKM kuliner yang akan Anda rintis? Jika modal Anda belum cukup, Anda bisa memanfaatkan produk loan dari Fazz Business untuk mendapat pinjaman UMKM online hingga Rp2 miliar dengan pengembalian yang fleksibel. Jadi, Anda bisa lebih tenang dalam merencanakan perkembangan bisnis Anda kedepannya!

Fazz Business membantu pelaku bisnis UMKM seperti Anda agar dapat memulai dan mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Manfaatkan produk Fazz sekarang juga dan mulailah bisnis UMKM kuliner pilihan Anda.

About admin

Check Also

Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Mau Tahu Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi? Inilah Caranya

Apakah Anda memiliki bisnis online? Namun masih belum memahami bagaimana cara cek ongkir semua ekspedisi. …

Manfaat Asuransi Mobil

Ini Dia Manfaat Asuransi Mobil dan Faktor Perhitungan Preminya!

Masih banyak orang sudah memiliki asuransi mobil, namun sering ditolak ketika mengajukan klaim. Pasalnya, mereka …

Manfaat Mengetahui Perhitungan Masa Subur pada Wanita

Manfaat Mengetahui Perhitungan Masa Subur pada Wanita

Masa subur merupakan waktu paling direkomendasikan untuk melakukan pembuahan agar kesempatan kehamilan lebih besar. Untuk …