jenis-investasi-yang-cocok-untuk-para-pemula
Jenis Investasi yang Cocok Untuk Para Pemula

Jenis Investasi yang Cocok Untuk Para Pemula

Melakukan trading saham atau investasi aset kripto memang terlihat mudah, namun tentu jika dilakukan dengan sembarangan bisa membuat kamu menanggung risiko yang tidak kamu inginkan. Khususnya bagi para pemula, dibutuhkan banyak riset mendalam sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi dan tentunya siap secara mental terkait dengan risiko yang mungkin akan dialami.

Selain jenis investasi di atas, nyatanya para investor pemula saat ini sudah dihadapkan pada banyaknye jenis investasi yang tersedia dan diatur oleh pemerintah Indonesia.

Beragam jenis investasi ini dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari investasi yang dilakukan, apakah untuk investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Selain itu juga harus disesuaikan dengan portofolio investasi untuk mengukur seberapa besar kamu mampu menanggung risiko dari aktivitas investasi di masa mendatang.

Agar membantu dalam memilih jenis investasi yang tepat, berikut daftar jenis invetasi yang tersedia di Indonesia yang tentunya cocok untuk kalian para pemula, yuk disimak.

Jenis Investasi yang Cocok Bagi Pemula

  • Reksa dana

Jenis instrumen investasi yang satu ini memang tengah naik daun selama beberapa tahun terakhir. Reksa dana sendiri merupakan salah satu instrumen investasi dengan sistem kerja di mana dana invetasi yang telah dikeluarkan oleh investor akan dikelola oleh manajemen investasi dan disalurkan ke baragam instrumen lainnya yang tersedia di pasar modal.

Jenis investasi yang satu ini bisa dibilang sangat cocok untuk para pemula. Bukan hanya cara kerjanya saja namun biasanya nominal modal awal dalam berinvestasi juga cukup rendah.

Hal utama sebelum bertransaksi di instrumen investasi ini adalah kamu harus mengenali profil risiko yang sesuai dengan karakteristik kamu sebagai investor dan bagaimana kamu bereaksi terhadap kerugian yang mungkin akan dialami di masa mendatang.

  • Investasi emas

Investasi emas merupakan salah satu jenis invetasi yang sudah digunakan sejak lama. Tergolong dalam investasi fisik dengan nilai intrinsik yang jelas membuat investasi emas terus memiliki penggemar.

Selain itu, jenis investasi yang satu ini memiliki risiko yang cenderung rendah bahkan memiliki nilai keuntungan yang stabil bahkan terus meningkat dari waktu ke waktu. Bagi kamu para investor pemula, tidak ada salahnya untuk memulai perjalanan investasimu dengan mengoleksi emas sebagai instrumen investasi.

  • Deposito

Sama halnya dengan investasi emas, jenis investasi deposito memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Secara sederhana, deposito mirip sekali dengan tabungan di bank, namun yang paling membedakan adalah deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa dan waktu jatuh tempo.

Beberapa hal tersebut membuat uang yang ada di dalam deposito tidak dapat diambil secara sembarangan sebelum tanggal jatuh tempo atau tenor perjanjian habis. Namun bagi kamu yang meyakini cara ini adalah cara terbaik dalam menabung dan berinvestasi, maka tidak ada salahnya untuk memilih jenis investasi deposito sebagai pilihan utama.

Trading Saham di Nanovest

Itu dia beberapa jenis investasi yang bisa kamu pilih sebagai investor pemula. Selain memilih jenis investasi yang paling sesuai, pastikan kamu juga sudah mencari tahu dan mempelajari ragam aplikasi investasi untuk menunjang aktivitas transaksi investasi dengan mudah dan nyaman seperti Nanovest.

Melakukan investasi saham di Nanovest, selaian aman karena sudah sudah sudah memiliki izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dengan nomor 001108.01/DJAI.PSE/07/2021 pada tanggal 15 Juli 2021. Selain itu, Nanovest juga sudah mengantongin sertifikat ISO/IEC 27001:2013, 27017:2015 dan 27018:2019. 

Buat kamu yang ingin memiliki saham luar negeri, terutama saham perusahaan Amerika Serikat maka Nanovest merupakan pilihan yang tepat untukmu. Di sini terdapat ratusan saham AS, seperti Google, Adobe, Facebook, Tesla yang bisa kamu beli untuk investasi.

Untuk modal investasi, kamu tidak perlu cemas, karena saham-saham tersebut sudah bisa kamu beli mulai dengan harga Rp5000 saja.

Murah sekali, bukan? Jadi, tunggu apalagi, yuk segera download aplikasinya di Google Play Store!

About admin