Keutamaan Hari Jumat dalam Islam Menurut Al Quran dan Hadits
Keutamaan Hari Jumat dalam Islam Menurut Al Quran dan Hadits

Keutamaan Hari Jumat dalam Islam Menurut Al Quran dan Hadits

Keutamaan Hari Jumat. Banyak orang di zaman modern ini kurang memaknai adanya hari jumat. Padahal, hari jum’at ini memiliki keistimewaan dan keutamaan di banding hari lain dalam agama Islam. Selain mendengarkan teks khutbah jumat di masjid, setidaknya ada beberapa kejadian luar biasa yang terlaksana di hari ini.

Di dalam Kitaabul Jumu’ah halaman 585, ada sebuah hadist yang mencengangkan. Di mana hari jumat Nabi Adam dimasukkan dan dikeluarkan dari surga, dan di hari ini pula hari kiamat akan terjadi.

Postingan ini akan membahas secara singkat nash-nash seputar hari jum’at. Kami ingin aku dan kamu semua tahu isi dari rahasia hari ini.

Lalu, apa sajakah keutamaan dari hari jumat itu? Yuk simak penjelasannya dengan seksama.

Keutamaan Hari Jumat

Menurut pendapat dari DR. Nashir bin Abdirrahman, hari jum’at adalah hari yang paling afhdal daripada semua hari dalam sepekan. Di dalamnya ada keberkahan, bahkan sebagai harinya kaum musliminin di seluruh dunia guna sholat jumat berjamaah.

Pertama, Hari Terkabulkannya Doa-doa

Pendapat ini merupakan intisari dari hadist dari Abu Hurairah yang berbunyi :

“فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.”

“‘Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan terkabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu.”

Kedua, Hari Terampunyinya Dosa-dosa antara Jumat tersebut dengan yang Sebelumnya

Dalam kitab al-Jumu’ah bab Man Asami’a wa Anshata fil Khutbah halaman 587, Rasulullah bersabda :

“مَنِ اغْتَسَلَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدِّرَ لَهُ ثُمَّ أَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ خُطْبَتِهِ ثُمَّ يُصَلِّي مَعَهُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ اْلأُخْرَى وَفَضْلُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ.”

“Barangsiapa yang mandi lalu berangkat Jum’at, kemudian mendirikan shalat semampunya, selanjutnya diam mendengarkan khutbah (imam) hingga khutbahnya selesai kemudian shalat bersama imam, niscaya akan terampuni dosa-dosanya antara Jum’at itu hingga Jum’at berikutnya dan bertambah tiga hari lagi

Demikianlah informasi singkat seputar keutamaan hari jumat. Semoga aktivitas kita di hari ini, termasuk di dalamnya mendengarkan khutbah jumat paling bagus, mendapat rahmat Alla SWT.

Bagikan postingan ini jika menurutmu ini penting bagi saudara seimanmu, semoga menjadi amal jariyah kita bersama, terimakasih.

About admin

Check Also

Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Mau Tahu Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi? Inilah Caranya

Apakah Anda memiliki bisnis online? Namun masih belum memahami bagaimana cara cek ongkir semua ekspedisi. …

Manfaat Asuransi Mobil

Ini Dia Manfaat Asuransi Mobil dan Faktor Perhitungan Preminya!

Masih banyak orang sudah memiliki asuransi mobil, namun sering ditolak ketika mengajukan klaim. Pasalnya, mereka …

Manfaat Mengetahui Perhitungan Masa Subur pada Wanita

Manfaat Mengetahui Perhitungan Masa Subur pada Wanita

Masa subur merupakan waktu paling direkomendasikan untuk melakukan pembuahan agar kesempatan kehamilan lebih besar. Untuk …