Manfaat Asuransi Mobil
Manfaat Asuransi Mobil

Ini Dia Manfaat Asuransi Mobil dan Faktor Perhitungan Preminya!

Masih banyak orang sudah memiliki asuransi mobil, namun sering ditolak ketika mengajukan klaim. Pasalnya, mereka tidak tahu apa saja risiko yang ditanggung oleh pihak asuransi.

Apakah asuransi mobil cover body repair, atau hanya kerusakan karena kecelakaan maupun kehilangan?

Buat mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh, tentu saja Anda harus membaca detail polis asuransi yang dimiliki. Termasuk, ketika Anda memiliki asuransi mobil Hyundai All Risk.

Seperti diketahui, produk proteksi ini juga menawarkan dua jenis perlindungan, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk atau komprehensif.

Nah, buat Anda yang tertarik memiliki asuransi mobil untuk kendaraan, mari pahami dulu apa saja manfaatnya dan faktor perhitungan preminya.

Manfaat Asuransi Mobil

Asuransi mobil menjadi antisipasi terhadap berbagai hal yang yang akan terjadi di masa depan. Berikut ini adalah manfaat memiliki asuransi mobil:

Lebih Aman dan Tenang Saat Berkendara

Asuransi akan menanggung berbagai risiko yang mungkin akan menimpa mobil Anda. Dengan  begitu, Anda akan merasa lebih aman dan tenang setiap kali berkendara.

Hemat Biaya Servis

Memiliki asuransi mobil akan membuat Anda lebih hemat biaya servis. Sebab, kerusakan yang terjadi bisa akibat kecelakaan, perbuatan jahat, kebakaran, dan lainnya.

Perusahaan asuransi bekerjasama dengan berbagai bengkel. Baik itu bengkel authorized maupun rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan memiliki asuransi mobil, maka biaya perbaikan saat kendaraan Anda mengalami kerusakan bisa ditanggung oleh asuransi.

Terlindungi dari Risiko Kecelakaan

Musibah seperti tabrakan maupun kecelakaan bisa saja terjadi kapan saja dan di mana pun. Karena itu, Anda wajib melindungi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil.

Asuransi mobil akan mengganti biaya perbaikan kendaraan setelah mengalami kecelakaan. Seperti diketahui, asuransi mobil memberikan perlindungan dari berbagai macam kerusakan, mulai dari tabrakan, tergelincir, terperosok, hingga terbalik.

Terlindungi dari Tindak Pencurian

Pencurian kendaraan bermotor bisa dialami di mana saja dan kapan saja. Jika memiliki asuransi, Anda bisa merasa lebih aman dari aksi pencurian tersebut.

Sebab, asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian unit baru terhadap mobil yang dicuri, dengan catatan sesuai syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya, harus menyertakan CCTV serta beberapa bukti lainnya ke polisi.

Bisa Berinvestasi untuk Masa Depan

Memiliki asuransi mobil sama halnya dengan berinvestasi untuk masa depan. Sebab, asuransi mobil akan menjamin dan melindungi aset berharga Anda, sehingga sama halnya dengan investasi.

Asuransi mobil untuk jangka panjang ke depannya dapat menjaga harga jual mobil Anda tetap sesuai standar tertinggi. Dengan perawatan ekstra dan perbaikan rutin, maka harga jual mobil Anda akan tetap tinggi dan tidak mengalami penurunan.

Menjaga Harga Mobil

Setiap tahun harga jual kendaraan semakin turun. Dengan asuransi, Anda dapat menstabilkan harga jual mobil kesayangan.

Caranya, dengan melakukan perluasan asuransi mobil, yaitu melakukan pergantian pada bagian-bagian mobil yang diperkirakan mengalami penurunan harga karena mengalami kerusakan. Dengan mengganti bagian mobil memakai sparepart baru, maka harga mobil tetap terjaga.

Faktor Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Setelah mengetahui manfaat memiliki asuransi mobil, tentu saja Anda selaku pemilik proteksi kendaraan ini harus memahami bahwa ada premi asuransi yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi biasanya menggunakan lima faktor untuk menentukan premi yang harus dibayar oleh nasabahnya, yaitu:

Merek

Merek alias produsen mobil tersebut menjadi faktor penentu besaran premi yang harus dibayarkan. Umumnya mobil yang diproduksi Eropa memiliki premi lebih tinggi daripada hasil produksi Asia, karena mobil-mobil Eropa dijual dengan harga lebih mahal di Indonesia.

Model mobil

Semakin populer model mobil, maka semakin banyak ketersediaan spare part di bengkel resmi maupun bengkel umum. Itu membuat harga sparepart-nya pun cenderung lebih terjangkau karena banyaknya stok di gudang.

Hal ini juga sebenarnya sama dengan alasan mengapa premi mobil Asia lebih murah dibandingkan mobil Eropa. Pasalnya, sparepart mobil Eropa dijual dengan harga lebih mahal karena harus dikirim dari sisi dunia yang lain ke Indonesia.

Tahun kendaraan

Semakin tua usia mobil, maka semakin besar kemungkinan terjadinya kerusakan. Untuk asuransi mobil yang menanggung segala macam servis dan maintenance, tahun produksi mobil akan menentukan berapa premi yang harus dibayar agar bisa menutupi seluruh biaya maintenance per tahun.

Wilayah

Faktor lain yang tak kalah penting adalah wilayah. Asuransi mobil di Jakarta berbeda dengan di Bandung atau Yogyakarta dan sebagainya.

Hal ini kembali lagi ke masalah ketersediaan sparepart, bengkel partner, dan biaya untuk pengiriman logistik atau sejenisnya. Semakin dekat daerah tempat tinggal kita dengan Ibu Kota, maka semakin murah premi bulanan dari asuransi mobil yang harus dibayar.

Itulah pemaparan mengenai manfaat asuransi mobil dan faktor penentu perhitungan preminya. Semoga bermanfaat!

About admin

Check Also

Cara Mengatasi Printer Bergaris secara Otodidak dari Rumah

Cara Mengatasi Printer Bergaris secara Otodidak dari Rumah

cara mengatasi printer bergaris. Di zaman sekarang, printer sudah menjadi kebutuhan primer dalam dunia perkantoran. …

Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Mau Tahu Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi? Inilah Caranya

Apakah Anda memiliki bisnis online? Namun masih belum memahami bagaimana cara cek ongkir semua ekspedisi. …

Manfaat Mengetahui Perhitungan Masa Subur pada Wanita

Manfaat Mengetahui Perhitungan Masa Subur pada Wanita

Masa subur merupakan waktu paling direkomendasikan untuk melakukan pembuahan agar kesempatan kehamilan lebih besar. Untuk …